Translate

Selasa, 21 Desember 2010

Calender Hebrew

Kalender Yahudi: A Closer Look

Level: Intermediate
• Sebulan dihitung sebagai 29 hari, 12 jam, dan 793 "bagian"
• Leap tahun terjadi pada tahun 3, 6, 8, 11, 14, 17 dan 19 dari siklus 19-tahun
• Penyesuaian (dechiyot) mencegah bulat dihitung dari tanggal
• Dechiyot mencegah keanehan dalam panjang tahun
• Dechiyot mencegah libur jatuh pada hari yang salah dalam seminggu
• Beberapa bulan memiliki panjang variabel
• Ada kemungkinan format 14 tahun, yang diidentifikasi oleh kode
• Kalender tidak sempurna, tapi sangat akurat
Dasar-dasar dari kalender Yahudi dijelaskan pada halaman sebelumnya , dan akan disebutkan hanya lewat di sini. Halaman ini ditujukan bagi mereka yang tertarik dalam pemahaman yang lebih dalam cara kerja kalender tetap Rabbi Hillel II, atau mereka yang ingin bisa membangun program mereka sendiri komputer kalender Yahudi.
Walaupun halaman ini akan berfokus terutama pada perhitungan kalender, saya mendorong Anda untuk tidak mengabaikan ini sebagai latihan matematika murni tanpa nilai spiritual. Para bijak menekankan nilai belajar astronomi sebagai cara menghargai kebesaran Pencipta pekerjaan. Halaman ini tidak fokus pada beberapa matematika misterius, tetapi jangan terintimidasi oleh itu: Yahudi sarjana Rambam menulis bahwa, "metode kalender tetap merupakan salah satu anak sekolah yang rata-rata bisa menguasai dalam 3 atau 4 hari." (11:04 Qiddush Hilkhot HaHodesh). Banyak pengalaman kebingungan orang berasal dari variasi dalam cara sumber yang berbeda mengatakan hal yang sama, dan cara beberapa sumber menggunakan istilah-istilah akrab untuk beberapa hal yang asing. Saya akan melakukan yang terbaik untuk menjaga variasi lurus untuk Anda.
Halaman ini mencakup JavaScript dan VBScript yang melakukan semua perhitungan yang dijelaskan, dalam urutan yang konsep disajikan di sini dan dengan komentar rinci. Mereka yang merasa nyaman dengan bahasa pemrograman mungkin akan lebih cepat dan lebih mudah untuk memahami matematika dengan melihat kode. Kode ini belum tentu script terbaik atau paling efisien mungkin, tapi itu tidak dimaksudkan untuk menjadi; itu dimaksudkan untuk menggambarkan bagaimana kalender dihitung. Meskipun inefisiensi kode ini, saya tidak meragukan bahwa hal itu akan muncul pada situs web lain dalam waktu singkat. Apakah membunuh Anda untuk memberi saya kredit dan link kembali?

Kalender Essentials

Kalender Yahudi didasarkan pada tiga fenomena astronomi: rotasi bumi terhadap sumbunya (sehari), revolusi bulan tentang bumi (sebulan), dan revolusi bumi tentang matahari (setahun). Ketiga fenomena yang independen satu sama lain, sehingga tidak ada hubungan langsung antara mereka. Rata-rata, bulan berputar mengelilingi bumi dalam waktu sekitar 29 ½ hari. Bumi berputar mengelilingi matahari dalam waktu sekitar 365 ¼ hari, yaitu, bulan lunar sekitar 12 dan 11 hari.
Untuk mengkoordinasikan tiga fenomena, dan untuk mengakomodasi kebutuhan ritual tertentu, kalender Yahudi terdiri dari 12 atau 13 bulan 29 atau 30 hari, dan dapat 353, 354, 355, 383, 384 atau 385 hari panjang. Yang terpenting dari kalender bulan baru, yang disebut dalam bahasa Ibrani sebagai molad tersebut.
Sebulan baru pada kalender Yahudi dimulai dengan molad, (diucapkan moh-LAHD). Molad adalah kata Ibrani yang berarti "kelahiran," dan mengacu pada apa yang kita sebut "bulan baru" dalam bahasa Inggris. Para molad untuk bulan Tishri (bulan yang dimulai dengan Rosh Hashanah ) adalah salah satu yang paling penting untuk perhitungan kalender, dan disebut sebagai Molad Tishri.
Perhatikan bahwa molad dihitung tidak selalu bertepatan persis dengan bulan baru astronomi. Panjang waktu dari satu bulan baru astronomi untuk selanjutnya bervariasi karena orbit eksentrik Bumi dan Bulan, namun moladot kalender Rabbi Hillel adalah diatur menggunakan panjang rata-rata waktu yang tetap: 29 hari, 12 jam, dan 793 bagian (atau dalam bahasa Ibrani, chalakim). Jumlah waktu yang umumnya ditulis dalam bentuk singkatan: 29d 12h 793p.
Sebuah "bagian" (atau dalam bahasa Ibrani, cheilek) adalah satuan waktu yang digunakan dalam kalender Yahudi, sama dengan 3-1/3 detik. Ada 18 bagian dalam satu menit dan 1.080 bagian-bagian dalam satu jam. Sebagian besar sumber menyatakan waktu dari perhitungan kalender di hari, jam dan bagian, meskipun beberapa sumber memecah bagian ke dalam menit. Misalnya, periode antara moladot dapat dituliskan sebagai 29 hari, 12 jam, 44 menit dan 1 bagian (29d 12h 44m 1p), karena 793 suku cadang adalah 44 menit dan 1 bagian (793 = 44 kali 18 bagian ditambah 1 bagian). Hal ini membuat waktu yang dihasilkan terlihat agak lebih akrab, tetapi meningkatkan jumlah perhitungan, jadi kita akan tetap dengan hari, jam dan bagian.
Singkatan yang sama dapat digunakan untuk menyatakan waktu ketika molad terjadi. Waktu biasanya dinyatakan sebagai hari dalam seminggu, bersama dengan jam dan bagian (atau jam, menit dan bagian). Sebagai contoh, waktu molad mungkin akan dinyatakan sebagai 2d 12h 1005P (atau 2d 12h 55m 15P), yang berarti bahwa itu terjadi pada hari Senin (hari kedua) pada jam 12 dan 1005 bagian.
The "jam" digunakan untuk menghitung molad adalah standar 1 / 24 dari satu jam sehari. Catatan bahwa ini berbeda dari "jam" digunakan untuk penjadwalan ritual, yaitu 1 / 12 dari waktu dari matahari terbit sampai terbenam. Sebagai contoh, di Pesach (Paskah), kita dituntut untuk berhenti chametz makan di akhir "jam keempat" dari pagi di Nissan 14, yaitu, pada akhir 1 / 3 dari waktu antara matahari terbit dan terbenam. Ini "jam musiman" bervariasi tergantung pada waktu tahun; jam molad adalah konstan. Waktu untuk molad adalah Yerusalem Solar Time, yang belum tentu sama dengan waktu lokal Anda. Hal ini juga belum tentu sama dengan waktu pada jam, bahkan di Yerusalem. Fakta ini tidak berpengaruh pada perhitungan Anda, tetapi bernilai mengetahui.
"Hari" Yahudi dimulai saat matahari terbenam, bukan di tengah malam. Jika Anda membaca kisah penciptaan dalam Kejadian Ch. 1, Anda akan melihat bahwa ia mengatakan, "Dan ada malam, dan jadilah pagi, suatu hari." Dari sini, kita menyimpulkan bahwa suatu hari dimulai dengan malam, yaitu, saat matahari terbenam. Oleh karena itu, sumber yang paling membahas penggunaan 6:00 molad dari malam sebelumnya sebagai "jam nol." Dalam contoh kita, 2d 12h 1005P, 12h berarti 12 jam setelah 18:00, yaitu 06:00. Jika molad terjadi di 2d 4h 0p, ini berarti bahwa hal itu terjadi di 10:00 pada Minggu malam, karena hari kedua (Senin) dimulai pada 06:00 pada malam sebelumnya (Minggu). Beberapa sumber, bagaimanapun, menggunakan konvensi Barat lebih akrab dan menggunakan malam sebagai jam nol. Berhati-hatilah untuk memeriksa sistem mana yang sedang digunakan ketika Anda mengandalkan waktu yang diberikan oleh sumber manapun! Jika waktu ini disebut sebagai " Rambam waktu "atau sesuatu yang mirip, maka Anda tahu menggunakan jam 18:00 sebagai nol. Pada halaman ini, saya menggunakan Rambam waktu, tetapi beberapa Ortodoks dihormati sumber-sumber di tengah malam menggunakan Amerika sebagai nol jam mereka. Selama Anda konsisten, Anda akan mendapatkan hasil yang sama di bawah sistem baik.

Menghitung Kalender

Berikut ini adalah gambaran dari langkah-langkah yang terlibat dalam menghitung tanggal Rosh Hashanah pada kalender Yahudi:
  1. Mulailah dengan molad diketahui (dan tanggal Gregorian yang sesuai, jika Anda ingin mengkonversi tanggal Anda menghasilkan Gregorian).
  2. Tentukan jumlah bulan antara molad dikenal dan Tishri tahun dari tanggal Anda menghitung.
  3. Kalikan jumlah bulan oleh panjang molad: 29d 12h 793p.
  4. Tambahkan hasil ke molad mulai dikenal.
  5. Terapkan dechiyot (aturan penundaan) untuk menentukan tanggal Rosh Hashanah untuk tahun tanggal Anda.
  6. Untuk mendapatkan tanggal Gregorian, menambah jumlah hari yang berlalu dihitung atas untuk tanggal mulai Gregorian.
Jika Anda ingin menghitung tanggal selain Rosh Hashanah, Anda akan harus menghitung baik tahun itu Rosh Hashanah, tahun berikutnya Rosh Hashanah atau keduanya dan menggunakan informasi ini untuk menentukan tanggal.
Sekarang kita akan melihat langkah-langkah secara detail, yang menggambarkan teknik dengan menghitung tanggal Rosh Hashanah dan Pesach (Paskah) pada tahun 5766 (2005-2006) menggunakan 5759 sebagai titik awal kami. Seperti saya katakan di atas, jika Anda merasa nyaman dengan JavaScript dan VBScript, Anda mungkin menemukan bahwa ia lebih cepat dan lebih mudah untuk memahami konsep-konsep ini dengan melihat kode saya di sini . Kode ini dirancang untuk mengilustrasikan prinsip kalender dan bukan kode yang paling efisien mungkin. Jika Anda memilih untuk menggunakannya dalam pekerjaan anda, meskipun peringatan ini, apakah membunuh Anda untuk memberi saya kredit dan link kembali?
Langkah 1: Mulailah dengan Molad Dikenal
Untuk melakukan perhitungan apapun pada kalender Yahudi, Anda membutuhkan titik awal, lebih disukai molad dari Tishri selama satu tahun tertentu, bersama dengan tanggal Gregorian yang sesuai jika Anda ingin dapat mengkonversi tanggal Ibrani untuk Gregorian. Hal ini tidak mungkin bekerja keluar molad dari prinsip-prinsip pertama, karena molad pertama penciptaan (dikenal sebagai Molad Tohu) tidak terjadi pada 0D 0h 0p!
Saya suka dasar perhitungan saya di molad dari Tishri 5759, yang terjadi di 2d 12h 1005P (menggunakan 18:00 sebagai jam nol), dan berkirim surat dengan tanggal 1998/09/21 Gregorian. Saya menggunakan tahun tertentu karena tidak tunduk pada dechiyot (penundaan), yang menyulitkan konversi Gregorian. Jika anda akan menghitung tanggal di masa lalu dan ingin menghindari komplikasi tanggal mengurangkan, Anda dapat memilih untuk bekerja dengan 2d 11h sebelumnya molad, seperti Tishri 5661 (1900/9/24), 9p, atau bahkan Molad Tishri 5558 (1797/9/21), 5d 11h 607p. Saya yakin teman-teman Kristen kami terutama tertarik untuk mengetahui Molad Tishri 3762 (tahun 1), atau beberapa tahun lain dalam seumur hidup itu. Sayangnya, program ini saya gunakan untuk menghitung overflows molads setelah 3861 (tahun 100), sehingga Anda akan harus bekerja keluar sisanya sendiri: Molad Tishri 3869 (9/22/108, yang paling awal saya bisa bekerja keluar yang tidak dikenakan penundaan) adalah 7d 8h 957p. Suatu dasar yang lebih menarik dari perspektif saya adalah Molad Tishri 4120 (9/10/359), 5d 8h 29p, yang merupakan tahun pertama non ditunda setelah Rabbi Hillel II dikembangkan kalender ini! Perlu diingat, bahwa Anda tidak dapat benar-benar menghitung "Gregorian" tanggal sebelum reformasi kalender Gregorian, yang berlaku di berbagai waktu dalam berbagai tempat.
Langkah 2: Tentukan Jumlah Bulan untuk Tishri Tahun Anda
Langkah selanjutnya adalah menentukan berapa bulan adalah antara titik awal dan Tishri dari tahun titik akhir Anda. Ada 235 tepatnya bulan pada setiap siklus 19-tahun tahun kabisat (12 tahun 12 bulan ditambah 7 tahun 13 bulan), tetapi jika nomor Anda tahun tidak merata dibagi oleh 19, maka Anda akan harus menentukan apakah setiap sisa tahun merupakan tahun biasa (12 bulan) atau tahun kabisat (13 bulan).
Untungnya, siklus tahun kabisat mudah dihitung. Leap tahun terjadi pada tahun 3, 6, 8, 11, 14, 17 dan 19 dari siklus 19-tahun, dan siklus 19-tahun dimulai pada tahun 1, sehingga Anda dapat membagi angka tahun dengan 19 dan memeriksa sisanya. Jika sisanya adalah 3, 6, 8, 11, 14, 17 atau 0 (tahun ke-19 siklus) maka tahun merupakan tahun kabisat. Jika tidak, tidak.
Ada kurang dari satu siklus antara 5759 dan 5766. Bulan-bulan tersisa 5759-5766 adalah:
Tahun Dibagi dengan 19 Leap Year? Bulan
5759 303 sisa 2 Tidak ada 12
5760 303 sisanya 3 Ya 13
5761 303 sisanya 4 Tidak ada 12
5762 303 sisanya 5 Tidak ada 12
5763 303 sisanya 6 Ya 13
5764 303 sisanya 7 Tidak ada 12
5765 303 sisa 8 Ya 13
Jumlah 87
Langkah 3: Kalikan Jumlah Bulan oleh Panjang Molad
Selanjutnya, kita kalikan jumlah bulan dengan panjang rata-rata molad, yang 29d 12h 793p:
  • 793p * 87 = 68.991 p
  • 12h * 87 = 1044 h
  • 29d * 87 = 2523 d
Tentu saja, kami akan harus mengumpulkan unit-unit yang lebih kecil ke dalam unit yang lebih besar, sama seperti kita akan babak 75 menit menjadi 1 jam dan 15 menit. Berikut adalah tahap pembulatan ini:
  • 68.991 bagian / 1.080 bagian per jam = 63 jam sisanya 951 bagian
  • (1044 jam + 63 jam dikalikan dibulatkan) / 24 jam per hari = 46 hari sisa 3 jam
  • 2.523 dikalikan hari + 46 hari dibulatkan = 2.569 hari
Kita sekarang mengetahui jumlah waktu antara molad kami mulai dan berakhir molad kami: 2569 d 3h 951p
Langkah 4: Tambahkan Hasil ke Molad Mulai
Selanjutnya, kita menambahkan waktu yang telah berlalu dihitung atas untuk tanggal mulai untuk mendapatkan tanggal berakhirnya. molad kami awal adalah 2d 12h 1005P (menggunakan 18:00 sebagai 0h). Kami tidak akan menambah hari lagi, karena alasan-alasan yang segera akan menjadi jelas.
  • 951 berlalu bagian + 1.005 bagian mulai = 1.956 bagian
  • 3 berlalu jam + 12 jam mulai = 15 jam
Sekarang kita perlu melakukan pembulatan beberapa:
  • 1956 dihitung bagian / 1.080 bagian per jam = 1 jam sisanya 876 bagian
  • 15 dihitung jam + 1 jam bulat / 24 jam per hari = 0 hari sisa 16 jam
  • 2569 dihitung hari + 0 hari dibulatkan = 2.569 hari
Pada titik ini, kita harus perhatikan jumlah hari yang berlalu antara titik kami mulai dan titik akhir kami: 2.569 hari. Kita harus catatan ini pada saat ini dalam perhitungan, setelah jam dibulatkan ke hari, tetapi sebelum hari kerja dari molad mulai akan ditambahkan ke jumlah hari. Jumlah hari ini akan diperlukan untuk menentukan tanggal Gregorian. Perhatikan bahwa jika jam lebih dari 24 pada titik ini, Anda akan perlu untuk putaran jam-jam ke hari untuk mendapatkan waktu berlalu. Dalam perhitungan ini, bagaimanapun, jumlah jam hanya 16.
Mari kita menyelesaikan perhitungan molad, menambahkan hari-hari dan menentukan hari minggu ini:
  • (2569 hari dihitung + 2 hari mulai) / 7 hari per minggu = 367 minggu sisa 2 hari
Sisa 2 hari memberikan kita hari minggu untuk molad kami, sehingga molad yang dihasilkan adalah: 2d 16h 876p, yaitu, Senin pada jam 16 (10:00) dan 876 bagian, dengan 2.569 hari berlalu. Perhatikan bahwa jika sisanya 0 hari, molad adalah 7d (Sabat), karena 7 hari / 7 hari dalam seminggu = 1 minggu sisa 0 hari.
Langkah 5: Terapkan Dechiyot yang
Ada empat aturan penundaan dikenal sebagai dechiyot, diucapkan d'-Khee-YOHT, dimana "kh" adalah suara tenggorokan-kliring (tunggal: dechiyah). Aturan-aturan ini menunda tanggal Rosh Hashanah, tetapi tidak mempengaruhi waktu dihitung molad tersebut. Salah satu dechiyot adalah aturan umum pembulatan sedangkan sisanya dirancang untuk mencegah keanehan dalam panjang tahun dan tanggal Rosh Hashanah.
Dechiyah 1: Zakein Molad
The dechiyah pertama adalah molad zakein, yang berarti sebuah "lama" molad. Jika molad terjadi pada atau setelah tengah hari (yaitu, 18h dimana 6:00 adalah 0h), molad yang dianggap "lama" dan kami bulat untuk keesokan harinya. Aturan ini sangat umum diterapkan, mempengaruhi seperempat semua tahun (setengah jika Anda menggunakan tengah malam sebagai jam 0).
Jika siang tampaknya sedikit dini untuk mengingat molad "lama," ingat bahwa "hari" Yahudi dimulai pada saat matahari terbenam saat ini pengukuran jam dimulai pada tengah malam. Aturan zakein molad hanya berarti bahwa molad pada atau setelah siang berkaitan dengan "hari" yang dimulai pada matahari terbenam berikutnya (4-10 jam kemudian) daripada matahari terbenam sebelumnya (14-20 jam sebelumnya). Alasan ini jelas dari notasi Rambam, dimana 6:00 adalah 0h dan Zakein Molad adalah salah satu yang terjadi pada atau setelah 18h dalam sehari 24jam.
Menariknya, Molad Zakein adalah alasan mengapa Anda akan mendapatkan hasil yang sama terlepas dari apakah Anda menggunakan 6:00 atau tengah malam sebagai nol jam Anda. Dengan tengah malam sebagai nol jam Anda, Molad Zakein berlaku untuk molads setelah 12h, menerapkan dalam setengah dari semua tahun. Dengan 6:00 sebagai nol jam Anda, Molad Zakein hanya berlaku dalam satu kuartal dari semua tahun, tetapi molads antara 18:00 dan tengah malam sudah dianggap sebagai bagian dari hari berikutnya, sehingga hasilnya adalah sama!
molad kami terjadi pada 16h dalam notasi Rambam, sehingga bukan zakein molad dan Rosh Hashanah tetap pada tanggal yang dihitung untuk saat ini.
Perhatikan bahwa ketika dechiyot seperti ini berlaku, sehari harus ditambahkan ke waktu yang telah berlalu untuk tujuan perhitungan tanggal Gregorian setara, tetapi molad tidak berubah. The molad berubah digunakan untuk tujuan perhitungan tahun-tahun berikutnya dan untuk kepentingan agama tertentu. Sebagai contoh, pada 5760, yang molad dihitung adalah 6d 21h 801p. Molad Zakein mendorong Rosh Hashanah ke hari berikutnya, tetapi jika Anda adalah untuk menghitung tanggal berikutnya menggunakan 5760 sebagai dasar Anda, Anda akan menghitung dari 6d (Jumat), bukan dari hari Sabtu.
Dechiyah 2: "Sesungguhnya A" DU Rosh
Yang dechiyah kedua dikenal sebagai Lo A "DU atau Lo A" DU Rosh. Aturan ini menyatakan bahwa Rosh Hashanah tidak dapat terjadi pada hari Minggu (Hari 1), hari Rabu (Hari 4) atau Jumat (Day 6). Kata Lo berarti "Tidak," dan kata A "DU adalah cara mengucapkan Alef-Dalet-VAV, surat dengan nilai numerik 1, 4 dan 6 (lihat Ibrani Abjad - Nilai numerik ). Jika molad dihitung terjadi pada salah satu hari dalam seminggu, Rosh Hashanah ditunda oleh hari untuk mencegah masalah lain dengan kalender. Jika Rosh Hashanah jatuh pada hari Rabu atau Jumat, maka Yom Kippur akan jatuh pada hari Jumat atau hari Minggu, yang tidak diinginkan. Jika Rosh Hashanah jatuh pada hari Minggu, Raba Hoshanah akan jatuh pada hari Sabtu, sehingga mustahil untuk mengamati beberapa hari pabean.
dechiyah ini juga sering digunakan, seperti yang mungkin Anda bayangkan. Ini berlaku untuk tiga dari tujuh hari, jadi satu akan mengharapkan untuk terjadi hampir setengah dari waktu.
Perhatikan bahwa dechiyot dari zakein molad dan Lo A "DU Rosh dapat bekerja dalam kombinasi: molad di 5d 19h 0m 0p (Kamis pukul 13:00) adalah dibulatkan sampai Jumat oleh peraturan Molad Zakein, kemudian ditunda sampai Sabtu oleh peraturan Lo Sebuah "DU Rosh, meskipun molad asli pada hari yang valid dalam seminggu. Di sisi lain, di 4d 19h molad 0m 0p (Rabu pukul 13:00) adalah dibulatkan menjadi Kamis oleh Molad Zakein, dan Lo A "DU Rosh tidak berlaku: molad meskipun terjadi pada hari Rabu, Molad Zakein sudah pindah it off dari tanggal agar Lo A "Rosh DU tidak diperlukan. Inilah sebabnya mengapa aturan Molad Zakein harus diperiksa sebelum aturan Lo A "DU Rosh.
Dechiyah 3: Gatarad
The dechiyot tersisa dua jauh lebih sering dilakukan.
Dechiyah Gatarad menyatakan bahwa jika Molad Tishri dalam satu tahun (12 bulan, non-kabisat) sederhana terjadi pada hari Selasa di 9h 204p atau lambat, Rosh Hashanah ditunda ke hari berikutnya (hari Rabu, yang oleh pengaruh Lo A " DU Rosh kemudian akan ditunda sampai Kamis).
Gimel-Teit-Reish-Dalet Nama, Gatarad, adalah mnemonik untuk aturan. Dalam bahasa Ibrani, Gatarad itu dieja Gimel-Teit-Reish-Dalet. Menggunakan huruf sebagai angka, Gimel adalah 3, dan mewakili Selasa. Teit adalah 9 dan merupakan jam 9 (yaitu, 9h dalam notasi Rambam, tapi 3h dalam notasi tengah malam-based). Reish adalah 200 dan Dalet adalah 4, mewakili 204 bagian.
Mengapa seperti aturan rumit ada? Aturan ini mencegah kemungkinan bahwa mungkin tahun 366 hari, sebuah panjang tidak valid. Pertimbangkan: sebuah Tishri Molad di 3d 9h 204p tidak akan ditunda oleh Molad Zakein atau Lo A "DU Rosh Tambahkan 12 siklus lunar (354d 8h 876p) ke tahun depan Rosh Hashanah dan Anda mendapatkan 7d 18h 0p dengan 354 hari yang berlalu Molad.. Zakein berlaku untuk tahun berikutnya, menunda Rosh Hashanah untuk keesokan harinya, Minggu, dengan 355 hari yang berlalu. Lo A "DU Rosh kemudian dipicu, menunda Rosh Hashanah dan meninggalkan 356 hari berlalu dan membuat tahun berjalan yang panjang tidak valid.
Perhatikan bahwa Gatarad selalu memicu Lo A "DU Rosh. Gatarad hanya berlaku saat Rosh Hashanah adalah hari Selasa dan Gatarad menunda Rosh Hashanah hingga Rabu. Lo A" DU Rosh Rosh Hashanah kemudian menunda sampai Kamis. Beberapa programmer ingin memeriksa Gatarad sebelum memeriksa Lo A "DU Rosh; lain memeriksa Gatarad setelah Lo A" DU Rosh tetapi menggunakan aturan ini untuk menambahkan dua hari (hari Gatarad ditambah Lo dihasilkan A "DU hari Rosh) Either way, jika. Gatarad berlaku, Rosh Hashanah jatuh pada hari Kamis.
Perhatikan juga bahwa aturan ini tidak dikombinasikan dengan Molad Zakein. Jika Molad Zakein berlaku untuk tahun berjalan, Gatarad tidak perlu; sehingga Gatarad hanya berlaku untuk molads antara 9h 204p dan 1079p 17h.
Seperti yang mungkin Anda bayangkan, aturan ini tidak sering dilakukan. Ini hanya berlaku di tahun non-kabisat (12 dari 19) ketika molad terjadi pada Selasa (1 dari 7) antara jam 9 dan jam 18 (9 dari 24). Hal ini terjadi sekitar tiga kali dalam satu abad. Hal ini terakhir terjadi pada 5745 (1984-1985) dan tidak akan terjadi lagi sampai 5796 (2035-36).
Dechiyah 4: Betutkafot
Seperti Dechiyah Gatarad, aturan ini tidak terlalu umum digunakan dan dirancang untuk mencegah setahun dari memiliki panjang tidak valid. Dechiyah Betutkafot mencegah lompatan-tahun dari yang mempunyai 382 hari (hari terlalu sedikit) dengan menunda Rosh Hashanah tahun non-kabisat setelah tahun kabisat.
Beit-Teit-Tav-Qof-Pei-Teit Juga seperti Dechiyah Gatarad, nama aturan tersebut memberitahu Anda bagaimana dihitung: jika Molad Tishri dalam setahun setelah tahun kabisat terjadi pada Senin (Beit, 2) pada jam 15 (Teit-VAV, 15 dalam notasi Rambam, tetapi 9h dalam notasi tengah malam-based) dan 589 bagian (Tav-Kaf-Pei-Teit, 589), maka ditunda ke hari berikutnya. Aturannya hanya diterapkan jika molad yang sebenarnya terjadi pada hari Senin, bukan jika ditunda hingga Senin. Seperti Gatarad, aturan tersebut benar-benar hanya berlaku untuk molads sebelum tengah hari (18h), karena Molad Zakein menangani penundaan untuk molads pada atau setelah tengah hari. Tidak seperti Gatarad, Betutkafot tidak memicu Lo A "DU Rosh, karena Betutkafot menunda Rosh Hashanah dari hari Senin sampai hari Selasa dan Selasa adalah hari diterima untuk Rosh Hashanah.
Alasan di balik aturan ini adalah sama dengan alasan di balik Gatarad: siklus bulan 13 dari tahun sebelumnya yang 383d 21h 589p. Jika tahun ini Molad Tishri terjadi setelah 2d 15h 589p, maka tahun sebelumnya's Molad Tishri harus memiliki terjadi pada atau setelah 3d 18h 0p. Ini adalah 384 hari berlalu, namun tahun sebelumnya yang Molad Tishri adalah Zakein Molad menunda Rosh Hashanah hingga Rabu, yang memicu Lo A "DU, bergerak Rosh Hashanah untuk Kamis Kedua penundaan singkat. Tahun sebelumnya untuk 382 hari Dechiyah Betutkafot menunda. Yang tahun berjalan Rosh Hashanah satu hari untuk meningkatkan tahun sebelumnya ke 383 hari diperbolehkan.
Ini adalah yang paling langka dari dechiyot empat, hanya menerapkan pada tahun setelah tahun kabisat (7 dari 19) ketika molad terjadi pada hari Senin (1 dari 7) antara jam 15 dan jam 18 (3 dari 24) . Ini berlaku sekali atau dua kali satu abad, tetapi berlaku tahun depan (5766, yaitu, 2005-06). Terakhir kali ini digunakan adalah 5688 (1927-1928).
Langkah 6: Tambahkan terpakai Hari untuk Tanggal Mulai Gregorian
Untuk menentukan tanggal Gregorian untuk Rosh Hashanah, Anda harus mengambil hari berlalu dihitung pada Langkah 4, tambahkan setiap hari tambahan yang dipicu oleh dechiyot pada Langkah 5, dan menambahkan jumlah hari dengan tanggal Rosh Hashanah untuk molad dikenal Anda. Bagi mereka berikut script: JavaScript tidak sangat efektif untuk tanggal, jadi kita akan beralih ke VBScript di sini . Jika Anda mencoba untuk melakukan hal ini tanpa menulis sebuah program, sebuah spreadsheet seperti Microsoft Excel dengan mudah dapat menambahkan jumlah hari untuk kencan.

Rosh Hashanah Kalkulator

Untuk menghitung tanggal Rosh Hashanah untuk tahun 5759 saja setelah menggunakan prinsip-prinsip di atas:
  1. Hitung jumlah bulan antara 5759 dan tahun Anda.
  2. Hitung jumlah waktu yang berlalu dalam bulan-bulan.
  3. Tambahkan waktu berlalu ke molad dari 5759 untuk menentukan molad tahun Anda, berhenti untuk mencatat hari-hari berlalu sebelum menambahkan hari minggu dari molad 5759.
  4. Tentukan apakah setiap dechiyot berlaku dan jika demikian, tambahkan mereka ke hari-hari berlalu ditentukan di atas.
  5. Tambahkan hari berlalu dengan tanggal Rosh Hashanah di 5759.
Langkah-langkah ini dilakukan oleh CalcRH fungsi dalam JavaScript, yang digunakan oleh formulir di bawah ini. Cukup ketik tahun Ibrani dan tanggal Gregorian akan muncul, hanya menggunakan fungsi-fungsi yang dibahas di atas. Klik tombol di bawah ini untuk mencobanya!
Tahun Ibrani (harus lebih besar dari 5758):

Menghitung Hari selain dari Rosh Hashanah

Prinsip-prinsip dan JavaScript di atas cukup untuk memungkinkan Anda untuk mengkonversi Rosh Hashanah ke tanggal Gregorian untuk setiap tahun. Namun, jika Anda ingin menghitung tanggal selain Rosh Hashanah, Anda akan harus menghitung baik tahun itu Rosh Hashanah, tahun berikutnya Rosh Hashanah atau keduanya dan menggunakan informasi ini untuk menentukan tanggal. Informasi yang Anda butuhkan bervariasi tergantung pada bulan tanggal Anda menghitung
Tishri
Tishri adalah bulan Rosh Hashanah, sehingga Anda cukup menambahkan tanggal bulan untuk Rosh Hashanah dan mengurangi 1 (karena Rosh Hashanah adalah Hari 1).
Cheshvan
Cheshvan adalah bulan kedua dari tahun kalender, dan bulan sebelumnya dari Tishri selalu 30 hari, sehingga Anda hanya mengambil Rosh Hashanah saat ini, tambahkan 29 hari (30 - 1 untuk Rosh Hashanah) dan tambahkan tanggal bulan.
Kislev
Kislev adalah bulan yang paling sulit untuk menghitung. Anda tidak bisa begitu saja bekerja maju dari tahun berjalan Rosh Hashanah, karena bulan sebelumnya dari Cheshvan bisa 29 atau 30 hari, Anda juga tidak bisa bekerja mundur dari tahun depan Rosh Hashanah, karena Kislev sendiri juga bisa 29 atau 30 hari. Untuk menghitung panjang Kislev, Anda perlu mengetahui tanggal Rosh Hashanah baik dari tahun berjalan dan tahun berikutnya, kemudian menghitung selisih antara mereka untuk menentukan panjang tahun berjalan. Jika tahun adalah 353, 354, 383 atau 384 hari, maka Cheshvan adalah 29 hari dan Anda dapat menentukan tanggal di Kislev mengambil Rosh Hashanah saat ini, menambahkan 58 hari, kemudian menambahkan tanggal bulan. Jika tahun adalah 355 atau 385 hari, maka Cheshvan adalah 30 hari dan Anda dapat menentukan tanggal di Kislev dengan mengambil Rosh Hashanah saat ini, menambahkan 59 hari, kemudian menambahkan tanggal bulan. (Untuk program-cenderung: perbedaan tanggal yang terbaik dihitung dengan VBScript).
Tebet, Shevat
Bulan-bulan tersisa tahun adalah panjang tidak berubah, tetapi jumlah bulan bervariasi tergantung pada apakah tahun ini merupakan tahun kabisat! Tebet dan Shevat yang terbaik dengan bekerja dihitung mundur dari tahun berikutnya Rosh Hashanah dan mengurangkan tambahan 30 hari tambahan dalam tahun kabisat. Tebet's offset dalam lompatan non-tahun -266; Shevat adalah -237.
Adar, Adar Adar I dan II
Adar selalu offset -207 dari Rosh Hashanah berikut, namun, pada tahun-tahun biasa, Adar adalah bulan 12 tahun (mulai dari Nissan), dan pada tahun kabisat, dikenal sebagai Adar II dan adalah bulan 13 tahun . Adar I, bulan tambahan dimasukkan sebagai bulan ke-12 dalam tahun kabisat, selalu offset -237 hari dari Rosh Hashanah.
Nissan, Iyar, Sivan, Tammuz, Av, Elul
Bulan-bulan tersisa tahun ini adalah seluruh panjang tidak berubah dan tidak terpengaruh oleh tahun kabisat. Cukup kurangi sesuai dengan jumlah hari dari tahun berikutnya Rosh Hashanah dan tambahkan tanggal bulan.
formulir di bawah ini menggunakan fungsi di atas untuk menghitung tanggal hari libur Yahudi utama untuk suatu tahun Ibrani.
Hari libur
Tahun Ibrani
(Lebih besar dari 5758)


Encoding Tahun

Kalender sarjana menggunakan sistem pengkodean untuk menggambarkan setiap tahun Yahudi. pengkodean ini terdiri dari tiga huruf Ibrani yang berfungsi sebagai singkatan untuk fitur penting dari kalender, dan sekali Anda bekerja di luar kode, Anda tahu semua yang anda perlu tahu tentang kalender. Anda tidak perlu mengetahui sistem pengkodean untuk dapat menghitung kalender, tetapi dapat membantu Anda memahami fitur penting dari kalender.
Huruf pertama adalah baik Pei atau Mem. Pei singkatan dari kata Ibrani P'shuta (sederhana), dan mengacu pada tahun 12-bulan biasa. Mem singkatan Me'uberet, dan mengacu pada tahun kabisat 13-bulan.
Surat kedua menunjukkan yang hari dalam seminggu Rosh Hashanah terjadi. Huruf-huruf alfabet Ibrani juga berfungsi sebagai angka (lihat Ibrani Abjad - Nilai numerik ), dan surat ini menunjukkan apakah Rosh Hashanah terjadi pada hari Senin (Beit, yaitu, 2), Selasa (Gimel, 3), hari Kamis (Hei , 5) atau Sabtu (Zayin, 7). Mengapa tidak Alef (1), Dalet (4) atau VAV (6)? Karena Dechiyah Lo A "DU Rosh, dibahas di atas, mencegah Rosh Hashanah jatuh pada hari Minggu, Rabu atau Jumat.
Huruf ketiga memberitahu Anda panjang tahun, yang dapat 353, 354 atau 355 hari (dalam tahun kabisat, 383, 384 atau 385). Variasi ini berasal sebagian dari panjang siklus molad (yang menambah sekitar 8 atau 21 jam dengan waktu hari setiap tahun, yang kadang-kadang gulungan ke hari lain) dan sebagian dari penerapan dechiyot tersebut. Panjang Sebuah tahun dapat dikodekan sebagai Cheit untuk Chaseir (kekurangan atau kurang, satu tahun 353 hari atau 383), Kaf untuk K'Seder (dalam rangka, satu tahun 354 atau 384 hari) atau Shin untuk Shaleim (keseluruhan atau lengkap, 355 atau 385 tahun hari). Dalam tahun Chaseir, baik Cheshvan dan Kislev memiliki 29 hari. Dalam tahun Shaleim, baik Cheshvan dan Kislev memiliki 30 hari. Dalam tahun K'Seder, Cheshvan memiliki 29 hari dan Kislev memiliki 30 hari.
Di bawah sistem pengkodean, tahun berjalan (5765) adalah kode Mem-Hei-Cheit, karena merupakan tahun kabisat (Mem), Rosh Hashanah dimulai pada hari Kamis (Hei), dan tahun akan memiliki 383 hari (Cheit) . Tahun depan (5766) akan dikodekan sebagai Pei-Gimel-Kaf karena akan menjadi tahun (non-kabisat) biasa, maka akan mulai pada hari Selasa, dan akan memiliki 354 hari.
Beberapa orang kode tahun berbeda: hari Rosh Hashanah sebagai huruf pertama (bukan kedua), panjang tahun sebagai huruf kedua (bukan ketiga), dan hari minggu yang Pesach (Paskah) dimulai sebagai yang ketiga. Surat ketiga dapat Alef (1, Minggu) melalui Zayin (7, Sabtu). Keuntungan dari sistem ini adalah bahwa ia memberitahu Anda hari minggu yang baik Pesach dan Rosh Hashanah terjadi, yang memiliki beberapa efek pada peringatan mereka, dan sekali ini diketahui, kita dapat menyimpulkan hari-hari festival besar lainnya ( Sukkot dan Shavu'ot ). Kerugiannya adalah bahwa tidak ada dalam sistem ini akan memberitahu Anda apakah tahun ini merupakan tahun kabisat, meskipun hal ini dapat disimpulkan jika Anda tahu kalender cukup baik.
Meskipun ada banyak teori permutasi dari tiga huruf kode, hanya 14 dari mereka sebenarnya mungkin diberikan batasan-batasan perhitungan kalender. Ini berarti bahwa hanya ada 14 layout yang mungkin berbeda untuk kalender Yahudi tahunan. Perlu diingat, meskipun, bahwa ini 14 layout yang berbeda tidak selalu sesuai dengan Gregorian hari yang sama, tetapi mereka sesuai dengan distribusi pembacaan Taurat mingguan . Sebagai contoh, pada tahun 5765, tahun Mem-Hei-Cheit, porsi Emor Taurat dibacakan pada 5 Iyar, yang 14 Mei 2005. Tahun Mem-Hei-Cheit depan akan 5768, dan Parshat Emor akan dibaca pada tanggal 5 Iyar pada tahun itu juga, tapi 5 Iyar akan terjadi pada 10 Mei 2008. Kontras ini dengan 5766, tahun Pei-Gimel-Kaf, ketika Emor akan dibaca pada tanggal 15 Iyar (13 Mei, 2006).
Tabel berikut menunjukkan yang parshiyot digabungkan pengkodean tahun di mana:
Tahun Encoding Parshiyot Gabungan
Mem-Beit-Cheit Chukat-Balak
Matot-Masei
Nitzavim-Vayeilech
Mem-Beit-Shin Matot-Masei
Mem-Gimel-Kaf Matot-Masei
Mem-Hei-Cheit tak satupun
Mem-Hei-Shin Nitzavim-Vayeilech
Mem-Zayin-Cheit Matot-Masei
Nitzavim-Vayeilech
Mem-Zayin-Shin Chukat-Balak
Matot-Masei
Nitzavim-Vayeilech
Pei-Beit-Cheit Vayakhel-Pekudei
Tazria-Metzora
Achrei Mot-Kedoshim
Behar-Bechukotai
Matot-Masei
Nitzavim-Vayeilech
Pei-Beit-Shin Vayakhel-Pekudei
Tazria-Metzora
Achrei Mot-Kedoshim
Behar-Bechukotai
Chukat-Balak
Matot-Masei
Nitzavim-Vayeilech
Pei-Gimel-Kaf Vayakhel-Pekudei
Tazria-Metzora
Achrei Mot-Kedoshim
Behar-Bechukotai
Chukat-Balak
Matot-Masei
Nitzavim-Vayeilech
Pei-Hei-Kaf Vayakhel-Pekudei
Tazria-Metzora
Achrei Mot-Kedoshim
Behar-Bechukotai
Matot-Masei
Pei-Hei-Shin Tazria-Metzora
Achrei Mot-Kedoshim
Behar-Bechukotai
Matot-Masei
Pei-Zayin-Cheit Vayakhel-Pekudei
Tazria-Metzora
Achrei Mot-Kedoshim
Behar-Bechukotai
Matot-Masei
Pei-Zayin-Shin Vayakhel-Pekudei
Tazria-Metzora
Achrei Mot-Kedoshim
Behar-Bechukotai
Matot-Masei
Nitzavim-Vayeilech

Akurasi dari Kalender Yahudi

Pada suatu waktu, keakuratan kalender Yahudi pepatah. Tapi seberapa akurat itu benar?
Lunar bulan rata-rata pada kalender Yahudi 29d 12h 793p. Lunar bulan rata-rata yang dihitung oleh astronom modern 29d 12h 44m 2.8s, yaitu, 29d 12h 792.84p. sehingga variasi kurang dari dua persepuluh unit terkecil pengukuran yang diakui oleh sistem, sekitar setengah dari detik. Yang cukup sangat akurat. Tentu saja, mereka yang kehilangan setengah-detik lakukan menambahkan: dalam dalam satu abad, anda telat lebih dari 10 menit.
Seberapa baik kalender sesuai dengan tahun matahari? Para rabi lama diakui bahwa keuntungan kalender 1h 485p pada setiap siklus 19-tahun, menambahkan hingga satu hari setiap 300 tahun atau lebih. Hal ini penting untuk para rabi dalam penjadwalan ritual tertentu yang didasarkan pada tahun matahari daripada tahun lunar. Kita bisa melihat hal ini berpengaruh bila kita memeriksa tanggal Rosh Hashanah dari waktu ke waktu.
Rabbi Hillel II mengembangkan kalender Yahudi pada tahun Yahudi 4119. Menggunakan kalender metode seperti dijelaskan di atas, dan artifisial dengan asumsi bahwa kalender Gregorian yang kita gunakan hari ini adalah yang berlaku pada waktu itu, tanggal Rosh Hashanah berkisar antara 29 Agustus - 28 September antara tahun 4100 dan 4200 (abad ke-42). Pada abad ke-Yahudi ini (yang ke-58), tanggal Rosh Hashanah berkisar dari 5 September-5 Oktober, keuntungan sebesar 6 atau 7 hari. Ini jauh lebih akurat daripada kalender Julian yang digunakan oleh orang Kristen dalam waktu Rabbi Hillel (yang harus diperbaiki oleh 11 hari beberapa abad yang lalu), tetapi Anda dapat melihat bahwa itu adalah mendapatkan beberapa waktu.
Kesenjangan dalam kalender Yahudi, bagaimanapun, masih kurang dari satu bulan lunar dan karena itu seakurat mungkin berada dalam kalender lunisolar. Bahkan, dibutuhkan sekitar 9300 tahun untuk perbedaan ini untuk mengumpulkan untuk satu bulan penuh waktu. Para rabi menyadari masalah ini, tapi cukup yakin bahwa Sanhedrin yang baru akan dibentuk jauh sebelum perbedaan ini menjadi problematis. Kami masih memiliki lebih dari 3500 tahun untuk pergi.Saran untuk Bacaan lebih lanjut untuk belajar tentang kalender Yahudi, Rabbi Nathan Bushwick's "Memahami Kalender Yahudi", yang dapat Anda beli dari amazon.com 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar